SISTEM INFORMASI PEMASARAN

Fungsional pemasaran tidak hanya mencakup penjualan dan pengiklanan saja. Akan tetapi, fungsional pemasaran berhubungan dengan perencanaan, penciptaan, promosi, penentuan harga barang, dan pengembangan berbagai produk baru yang lebih baik sehingga mampu menarik dan melayani pelanggan. Untuk melakukan aktivitas aktivitas di dalam fungsional pemasaran, banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu mereka dalam melakukan fungsi pemasaran.

Sistem informasi pemasaran memungkinkan proses pemasaran menjadi lebih interaktif. Sistem informasi pemasaran berfungsi sebagai tempat penyimpanan proses-proses dii dalam unit fungsional pemasaran. Sistem informasi pemasaran merupakan suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional yang lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.

cara membuat SI pemasaran

Sistem informasi pemasaran mendukung kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh komponen-komponen pemasaran, seperti penelitian pasar, otomatisasi tenaga penjualan, manajemen menghubungkan pelanggan, manajemen penjualan, iklan dan promosi serta berbagai kegiatan di dalam unit fungsional, pemasaran lainnya.




Penelitian Pemasaran

Penelitian pemasaran bertujuan untuk mendapatkan data terbaru dan menjelaskan operasi pemasaran, serta menyajikan penemuan tersebut bagi manajemen dalam mendukung pengambilan keputusan.

Otomatisasi Tenaga Penjualan

Otomatisasi tenaga penjualan bertujuan untuk menambah produktifitas tenaga penjualan dalam memasarkan produk serta mempercepat penangkapan dan analisa data penjualan untuk memudahkan para manajer dalam mengambil keputusan dengan mempercepat pengiriman informasi kepada para manajer.

Pemasaran Interaktif

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menerapkan pemasaran interaktif. Dalam hal ini, pelanggan tidak hanya bertindak sebagai komponen pasif yang hanya menerima iklan dan promosi sebelum membeli barang, akan tetapi pelanggan juga dapat terlibat di dalam proses pemasaran.

sumber: buku sistem informasi konsep dan aplikasi
sumber : https://tekno-hp.blogspot.co.id/2016/12/sistem-informasi-pemasaran.html
penulis: Agus Mulyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar