Metode Scrum


scrum-ranjaniryan
Scrum adalah iteratif dan pengembangan perangkat lunak kerangka kerja tambahan tangkas untuk proyek-proyek perangkat lunak dan mengelola produk atau pengembangan aplikasi. Scrum adalah sebuah framework yang mengimplementasikan proses Agile Development. Untuk menjelaskan bagaimana Scrum mengubah paradigma dalam proses bekerjaWalaupun sebenarnya metode ini biasanya digunakan secara tim, tapi tidak ada larangan untuk menggunakannya secara perorangan. Metode Scrum membagi proses development menjadi beberapa Sprint.

image
Berikut ini uraian dari tahap-tahap pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Scrum :

1. Product Backlog
Bagian pertama ini adalah kumpulan dari hal-hal yang diperlukan dan yang harus tersedia dalam produk. Produk backlog berada dalam tanggung jawab product owner. Product Backlog adalah daftar utama dari semua fungsi yang diinginkan dalam produk. Metodologi Scrum tidak mengharuskan dokumentasi semua persyaratan pada awal proyek.
2. Sprint Backlog
Perencanaan Sprint dilakukan dalam pertemuan atau meeting antara pemilik produk dan tim developer yang akan berkolaborasi untuk memilih product backlog untuk dimasukan kedalam proses sprint. Hasil dari pertemuan tersebut adalah Sprint Backlog.
3. Sprint
Sprint adalah sebuah kerangka waktu yang berdurasi maksimal 1 bulan untuk mengembangkan produk yang berpontensi untuk dirilis. Dalam Sprint terdapat 2 bagian pekerjaan, yaitu :
a. Pertemuan Harian (Daily Standup Meeting)
Merupakan pertemuan dimana setiap 24 jam (1 hari), tim pengembangan bertemu untuk membahas proses pengembangan produk.
b. Refleksi Sprint
Merupakan pertemmuan yang dilakukan setiap bulannya, yang bertujuan untuk membahas hal dari Sprint Backlog yang telah berjalan dan telah berhasil dikerjakan, serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk pada Sprint yang berikutnya.
4. Increment
Increment merupakan hasil dari seluruh hal dalam Product Backlog yang telah selesai dikerjakan pada seluruh Sprint. PAda akhir Sprint, Increment harus sudah benar-benar selesai, yang berarti harus dalam keadaan yang useable

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar