Oracle Database

Hasil gambar untuk database oracle
Oracle Database (sering disebut sebagai Oracle RDBMS atau hanya sebagai Oracle) adalah sistem manajemen database object relational yang diproduksi dan dipasarkan oleh Oracle Corporation. Larry Ellison dan dua temannya dan mantan rekan kerja, Bob Miner dan Ed Oates, memulai konsultasi disebut Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. SDL mengembangkan versi asli dari software Oracle. Nama Oracle berasal dari kode nama proyek yang didanai CIA Ellison telah bekerja pada saat sebelumnya dipekerjakan oleh Ampex.
Sebuah sistem diidentifikasi database Oracle dengan identifier sistem alfanumerik atau SID comprises setidaknya satu contoh aplikasi, bersama dengan penyimpanan data. Sebuah contoh diidentifikasi terus menerus dengan jumlah Instansiasi (atau aktivasi id: SYS.V_ $ DATABASE.ACTIVATION #) terdiri dari serangkaian proses sistem operasi dan memori struktur yang berinteraksi dengan penyimpanan. Proses umum termasuk PMON (proses monitor) dan SMON (sistem monitor). Dokumentasi Oracle dapat merujuk ke sebuah contoh database aktif sebagai "bersama alam memori".
Pengguna database Oracle mengacu pada server side memori struktur sebagai SGA (System Global Area). SGA biasanya menyimpan informasi cache yang seperti data-buffer, perintah SQL, dan informasi pengguna. Selain penyimpanan, database terdiri dari online redo log (atau log), yang memegang sejarah transaksional. Proses pada gilirannya arsip online redo log ke arsip log (offline redo log), yang memberikan dasar untuk pemulihan data dan untuk bentuk fisik standby replikasi data menggunakan Oracle Data Guard.
Oracle RAC (Real Application Clusters) pilihan menggunakan beberapa contoh melekat array pusat penyimpanan. Dalam versi 10g, komputasi grid memperkenalkan sumber daya bersama di mana sebuah contoh dapat menggunakan sumber daya CPU dari node lain dalam grid. Keuntungan dari Oracle RAC adalah bahwa sumber daya di kedua node digunakan oleh database, dan setiap node menggunakan memori dan CPU sendiri. Informasi dibagi antara node melalui interkoneksi jaringan pribadi virtual.
Oracle DBMS dapat menyimpan dan menjalankan prosedur yang tersimpan dan fungsi dalam dirinya sendiri. PL / SQL (proprietary ekstensi prosedural Oracle Corporation untuk SQL), atau Java bahasa berorientasi objek dapat meminta kode objek tersebut dan/atau menyediakan struktur pemrograman untuk menulis mereka.
Penyimpanan
Oracle RDBMS menyimpan data secara logis dalam bentuk tablespace dan fisik dalam bentuk file data ( "datafiles"). Tablespace dapat berisi berbagai jenis segmen memori, seperti Data Segmen, Indeks Segmen, Segmen dll pada gilirannya terdiri dari satu atau lebih extent. Luasan terdiri kelompok blok data yang berdekatan. Data blok membentuk unit dasar penyimpanan data. Sebuah DBA bisa memaksakan kuota maksimum pada penyimpanan per pengguna dalam setiap tablespace.
Partisi
Fitur partisi diperkenalkan pada Oracle 8. Hal ini memungkinkan partisi tabel berdasarkan set kunci yang berbeda. Partisi tertentu kemudian dapat ditambahkan atau turun untuk membantu mengelola set data yang besar.

Pemantauan
Manajemen Database Oracle trek penyimpanan data komputer dengan bantuan informasi yang disimpan di tablespace SYSTEM. The SYSTEM tablespace berisi data kamus, indeks dan cluster. Sebuah kamus data terdiri dari kumpulan khusus tabel yang berisi informasi tentang semua user objek dalam database. Sejak versi 8i, Oracle RDBMS juga mendukung "lokal berhasil" tablespace yang menyimpan informasi manajemen ruang di bitmap dalam header mereka sendiri bukan di tablespace SYSTEM (seperti yang terjadi dengan default "kamus yang dikelola" tablespace). Versi 10g dan kemudian memperkenalkan tablespace SYSAUX, yang berisi beberapa tabel sebelumnya disimpan di tablespace SYSTEM, bersama dengan benda-benda alat bantu lain seperti OEM, yang sebelumnya diperlukan tablespace sendiri file Disk terutama merupakan salah satu struktur berikut :
Data dan indeks file : File-file ini menyediakan penyimpanan fisik data, yang dapat terdiri dari data-data kamus (terkait dengan SYSTEM tablespace), data pengguna, atau data indeks. File-file ini dapat dikelola secara manual atau dikelola oleh Oracle itu sendiri. Perhatikan bahwa datafile memiliki milik tepat satu tablespace, sedangkan tablespace dapat terdiri dari beberapa datafiles. Redo log file, yang terdiri dari semua perubahan ke database, digunakan untuk pulih dari kegagalan misalnya. Seringkali, database menyimpan file-file ini beberapa kali untuk keamanan ekstra dalam hal kegagalan disk. File redo log identik dikatakan milik kelompok yang sama.
Undo file : Ini datafile khusus, yang hanya dapat berisi membatalkan informasi, bantuan dalam pemulihan, rollbacks, dan membaca-konsistensi.
Arsip file log : File-file ini, salinan file log redo, biasanya disimpan di lokasi yang berbeda. Mereka diperlukan misalnya, ketika menerapkan perubahan ke database siaga, atau saat melakukan pemulihan setelah kegagalan media yang. Hal ini dimungkinkan untuk arsip ke beberapa lokasi. Tempfiles ini datafiles khusus melayani khusus untuk penyimpanan data sementara (digunakan misalnya untuk jenis besar atau untuk tabel sementara global). Control file, yang diperlukan untuk startup basis data. "Sebuah file biner yang mencatat struktur fisik database dan berisi nama dan lokasi file redo log, cap waktu dari pembuatan database, saat ini jumlah log urut, informasi pos pemeriksaan, dan sebagainya.
Pada tingkat fisik, file data terdiri blok satu atau lebih data, dimana ukuran blok dapat bervariasi antara file data. File data dapat menempati pra dialokasikan ruang dalam sistem file dari server komputer, menggunakan disk mentah langsung, atau ada dalam volume logis ASM.

Skema database
Kebanyakan instalasi database Oracle datang dengan skema standar yang disebut SCOTT. Setelah proses instalasi set up meja sampel, pengguna log ke dalam database dengan nama pengguna scott dan password harimau. Nama skema SCOTT berasal dengan Bruce Scott, salah satu karyawan pertama di Oracle (kemudian Software Development Laboratories), yang memiliki kucing bernama Tiger.
Oracle Corporation sekarang menekankan skema SCOTT, karena menggunakan beberapa fitur dari lebih baru Oracle rilis. Kebanyakan contoh terbaru yang disediakan oleh Oracle Corporation referensi HR default atau skema OE.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar