Kain Pintar Pembangkit Listrik Tenaga Gerakan Manusia

Perkembangan gadget yang tidak mungkin dibendung saat ini menuntut para penggunanya semakin sering mengisi ulang baterai gadget mereka. Dari powerbank,charger tenaga matahari yang dipasangkan pada jaket, hingga sepatu yang dapat mengisi ulang bateraismartphone menjadi contoh betapa pesat inovasi bidang ini. Bahkan seorang ilmuwan material bernama Sang-Woo Kim beserta timnya dari Universitas Sungkyunkwan, Korea Selatan memperkenalkan sebuah kain yang mampu membangkitkan energi listrik hanya dengan menggerak-gerakkan kain tersebut.
Prinsip kerja kain pintar ini cukup sederhana yakni dengan memanfaatkan efek triboelektrik yang dapat membangkitkan listrik statik seperti pada saat Anda menggosokkan sebuah balon ke rambut Anda sehingga rambut akan ikut berdiri seakan tarik-menarik dengan balon. Kain ini tersusun atas dua lapisan bahan dengan jenis berbeda, sehingga jika kain ini diberi stimulus gerakan akan terjadi perpindahan elektron dari sisi yang satu ke yang lainnya. Dengan adanya perpindahan elektron ini maka akan tercipta beda potensial.  

Kain pintar yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu menghasilkan energi listrik sebesar 120V dan 65 μA per 4 cm2 jika menggunakan lapisan bahan silver dan nanopatterned polydimethylsiloxane. Sedangkan jika menggunakan bahan non-nanopatterned polydimethylsiloxane maka akan menghasilkan energi listrik sebesar 30V dan 20 μA. Energi listrik yang dihasilkan oleh kain pintar ini memang belum cukup besar untuk mengisi ulang baterai gadget Anda, namun dengan pengembangan yang kontinyu dapat dipastikan nantinya Anda hanya perlu berolahraga untuk dapat mengisi ulang baterai smartphone Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar