Andy Rubin, Sang Bapak Android

Di era teknologi terbuka saat ini, siapa yang tidak mengenal Android? Sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat hampir semua merk smartphone karena bersifat open source.
Penemu Android adalah Andy Rubin, asal New Bedford, Amerika Serikat. Sejak kecil ia merupakan anak cerdas dan memiliki keingintahuan tinggi. Penemuannya berawal dari minat terhadap dunia teknologi. Setelah lulus kuliah, ia secara tidak sengaja bertemu dengan Bill Caswell yang merupakan karyawan Apple. Andy diajak bergabung ke Apple untuk mengembangkan program WebTV, yakni kolaborasi antara layanan televisi dengan internet.
Tak lama kemudian, Andy pindah ke Microsoft yang telah mengakuisisi program WebTV. Pada 1999, Andy memutuskan keluar dari Artemis Research (artinya, keluar juga dari Microsoft), lalu ia membuka toko di Palo Alto, California. Andy menyebut toko miliknya sebagai laboratorium, dan di situ dia memiliki ide untuk membangun perusahaan bernama Danger Inc. Andy mendapat kesuksesan dengan sebuah perangkat yang diberi nama Sidekick. Pada mulanya perangkat itu diberi nama Danger HipTop. Namun kesuksesan itu tidak berlangsung lama dan tahun 2004 Andy memutuskan untuk meninggalkan Danger Inc. Tahun 2008, Danger Inc. dibeli Microsoft dengan harga yang sangat besar, menurut informasi, senilai USD 500 juta.
Alkisah, tahun 2002 Andy memberikan kuliah yang turut dihadiri oleh Larry Page dan Sergei Brin, dua orang pendiri Google. Setelah kuliah Andy yang berkesan, Larry menemuinya untuk melihat lebih dekat perangkat sidekick.
Andy mendapat ide sederhana dan mendirikan Android Inc yang berfokus pada penyediaan platform mobile handal dan open source, sehingga bisa mendorong inovasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan. Pada Juli 2005, perusahaan Andorid Inc dibeli oleh raksasa Google dan Andy ikut bergabung ke Google. Bersama Google, Android diberikan kekuatan ekstra hingga saat ini sistem operasi Android memiliki berbagai inovasi yang membuat Android menjadi sistem operasi yang berjaya mengalahkan Apple. Kini Android merupakan OS paling mendominasi dan paling banyak digunakan di berbagai perangkat smartphone di seluruh dunia. (Agung Prayoga)

Sumber: www.ib-article.com/2012/08/biography-of-andy-rubin-inventor-of.html
http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/1235-andy-rubin-sang-bapak-android

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar