APK Pokemon Go, Aplikasi Game Terfavorit

Bagi anak-anak yang lahir di era 1980-an dan 1990-an tentu tak asing dengan serial anime asal Jepang, Pocket Monster atau yang biasa dikenal dengan Pockemon. Serial itu menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Ash Ketchum yang bercita-cita ingin menjadi Pockemon Master (Trainer Pockemon) terhebat di dunia dengan ditemani Pockemon kesayangannya yang menjadi Icon anime, yaitu Pikachu. Ash tidak sendiri, ia bersama teman-teman lain juga berburu Pockemon ke penjuru dunia. Anime ini punya banyak penggemar khususnya di Indonesia, sejak kemunculannya banyak bertebaran pernak-pernik berbau pockemon.
Setelah sekian lama nama Pockemon di Indonesia tenggelam, kini ia kembali muncul dan menggebrak dunia lewat game yang sangat hot akhir-akhir ini: “Pockemon Go”.
Apa itu Pockemon Go? Game hasil kerjasama Nintendo dan Niantic Lab dan perusahaan pockemon merupakan game berbasis mobile yang dimainkan lewat smartphone Android dan iOS. Game ini mendukung konsep augmented reality dengan memanfaatkan kamera dan GPS di smartphone pemainnya. Dalam game ini pemain diajak menjadi Trainer Monster layaknya karakter Ash Ketchum dan kawan-kawan dalam serial anime Pockemon. Pemain bisa berburu menangkap pockemon, melatih, mempertandingkan pockemon peliharaan, dan bahkan saling menukar koleksi pockemon.
Para gamers sebenarnya sudah menunggu kehadiran game ini sejak tahun lalu, namun rilis resmi Game populer ini baru tersedia di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Dalam keterangan resmi perilisan game tersebut, Pokemon Company dan pengembang game Niantic Labs baru menyebutkan rencana perilisan berikutnya di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan. Bagaimana dengan kehadiran Pockemon Go di Indonesia? Belum ada kabar resmi kapan Pockemon Go akan rilis secara resmi di Indonesia, namun sudah banyak bermunculan Pockemon Go 0.29.2 untuk diunduh melaui link penyedia APK.
Setelah mengunduh dan menginstall Apk, lalu bagaimana cara main pockemon go? Pemain akan diberitahukan posisi keberadaan pockemon di layar ponsel, dengan mengklik lokasi terdekat, maka akan muncul gambar lokasi serta nama tempat dimana pockemon berada. Kesulitannya adalah ketika berada di lokasi yang sudah dituju keberadaan pockemon tidak bisa terdeteksi secara langsung, oleh karena itu dibutuhkan kesiagaan untuk melihat lokasi sekitar dengan kamera smartphone. Ketika kamera menangkap gambar pockemon maka pemain hanya tinggal melempar Pockeball ke arah pockemon dengan cara menggeser bola yang ada di layar bagian bawah ke arah atas.
Tanggapan dari netizen tentang kemunculan game Pockemon Go beragam, ada yang menyambut positif dan ada juga memandangnya membawa hal-hal negatif. Sisi positif dari game ini adalah Pockemon GO mengajak para pemainnya bergerak ke suatu tempat sambil berjalan kaki guna mencari pockemon, berbeda dengan game-game lain yang hanya membuat pemainnya terkesan malas berada di depan gadget. Selain itu menurut pengakuan seorang netizen asal Amerika mengatakan bahwa game ini bisa menjadi solusi bagi masalah obesitas karena dengan berjalan akan membakar kalori pemainnya.
Dampak negatif yang ditimbulkan oleh game ini adalah dapat menimbulkan candu atau adiktif, seperti diketahui game ini memang sedang menjadi fenomena di dunia bahkan ada seorang pemuda di turki yang berpakaian layaknya Ash Ketchum sambil berjalan-jalan mencari pockemon dengan smartphone di tangan. Bagi anak-anak yang memainkan game ini hendaknya di dampingi orangtua karena game ini akan membawa ke lokasi yang bisa jadi berada jauh dari lingkungan rumah. (Hendri Nurdiansyah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar