GUI versus CLI

Linux merupakan sistem operasi yang menyediakan dua Interface bagi penggunanya, yaitu GUI dan CLI. Tidak hanya Linux sebenarnya, sistem operasi lain juga menyediakan dua Interface bagi pengguna, tergantung keperluannya. Interface sendiri berfungsi sebagai antarmuka antara pengguna dengan sistem operasi agar dapat saling berinteraksi. Letak perbedaan mendasar pada keduanya hanya pada tampilan.
GUI (Graphic User Interface) adalah antarmuka yang menggunakan tampilan grafis, dapat dikendalikan dan digunakan oleh beberapa alat input, seperti mouse, keyboard, touchpad, keyboard, dan alat input lainnya. Pada antarmuka GUI terdapat jendela ataupun panel, icon, menu, tombol. Interface GUI didesain agar mempermudah pekerjaan sehingga membuat lebih ramah pengguna ketika berinteraksi dengan sistem operasi,
Interface berbasis GUI banyak diterapkan pada komputer client atau desktop untuk kebutuhan pengguna umum, sehingga tujuannya mempermudah interaksi dengan sistem operasi, seperti Windows, Linux, MAC OS, atau Android. GUI memiliki beberapa kelebihan seperti ramah pengguna, tidak perlu menjalankan perintah atau syntax, tampilan bisa diubah dan tidak membosankan. Namun, GUI memiliki beberapa kekurangan seperti menghabiskan sumber daya, butuh spesifikasi yang berat, dan performa lebih berat.
CLI (Command Line Interface) adalah antarmuka yang menggunakan baris perintah atau syntax. Pengguna berinteraksi dengan sistem operasi hanya melalui keyboard dengan menuliskan perintah atau syntax.
Antarmuka berbasis CLI banyak diterapkan pada komputer server, dan ada juga di beberapa komputer client atau desktop. Penggunaan CLI lebih hemat sumberdaya dan lebih efisien, serta lebih cepat dalam melaksanakan perintah atau pekerjaan. Contoh Linux (CLI), DOS/Command Prompt, Cisco, Mikrotik, dan lain-lain.
Sama seperti GUI, CLI juga memiliki beberapa kelebihan seperti menghemat sumber daya, efisien, tidak memerlukan spesifikasi berat, dan performa lebih tinggi. CLI juga memliki beberapa kekurangan, yaitu tampilan membosankan bagi pengguna awam, mengingat atau menghafal syntax. Itu beberapa perbedaan mengenai GUI dan CLI. Silahkan gunakan antarmuka yang nyaman bagi untuk bekerja. Jangan lupa mempertimbangkan beberapa hal terkait kelebihan dan kekurangan masing-masing. (Aufabillah)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar