Bulgaria Mewajibkan Open Source untuk Semua Software Publik

Bulgaria memiliki kebijakan baru terkait Open Source. Perubahan baru yang disahkan parlemen beberapa waktu lalu mengharuskan semua perangkat lunak yang dibuat untuk pemerintah harus bersifat open source. Bozhidar Bozhanov, penasihat Wakil Perdana Menteri Bulgaria mengumumkan kebijakan baru pada blognya. Bozhanov memainkan peran penting dalam kebijakan open source dan mengucapkan terima kasih kepada rekannya, Wakil PM Bulgaria untuk membuat perubahan ini ke UU Elektronik.
Kita dapat menemukan seluruh amandemen pokok utama dari undang-undang dalam artikel 58a yang berisi: “Program komputer harus memenuhi kriteria untuk perangkat lunak open source, semua hak cipta dan hak terkait di program komputer yang relevan, kode sumber, desain interface dan database harus tunduk para perintah secara penuh, tanpa batasan dalam penggunaan, modifikasi dan distribusi, Pengembangan harus dilakukan dalam repositori yang dikelola instansi.”
Meskipun hal itu tidak berarti bahwa seluruhnya akan meninggalkan Microsoft dan mulai menggunakan Linux dan Open Source. Ada software propietary yang tidak akan terpengaruh oleh undang-undang baru. Bozhanov percaya bahwa “Setiap perangkat lunak yang diperoleh pemerintah bisa terlihat dan dapat diakses oleh semua orang.” Secepatnya, sebuah badan pemerintah baru akan dibentuk untuk menegakkan hukum dan akan mengatur repositori umum untuk perangkat lunak. (Aufabillah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar