Keunggulan dan Kekurangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat di berbagai bidang karena memiliki beberapa keunggulan. Namun, disamping keunggulan, terdapat juga sisi kekurangannya. Berikut adalah daftar keunggulan dan kekurangan teknologi informasi:
Keuggulan:
➢ Dengan perkembangan teknologi informasi, globalisasi semakin meningkat. Dunia menjadi lebih dekat, dan sistem ekonomi dunia menjadi saling bergantung satu sama lain. Informasi dapat disebarkan dengan cepat dan mudah dari seluruh penjuru negeri.
➢ Komunikasi menjadi lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat dengan bantuan sistem teknologi informasi. Menggunakan internet, orang dapat berbicara satu sama lain dari seluruh dunia menggunakan video konferensi, seperti Skype yang merupakan salah satu aplikasi bermanfaat, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara gratis. Anda juga dapat membayar dengan biaya yang kecil untuk memanggil secara jalur reguler.
➢ Media sosial merupakan salah satu model komunikasi yang tersedia karena teknologi informasi. Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk berbagi foto dan informasi tentang hidup Anda dengan orang yang Anda kenal di seluruh dunia. Bahkan, saat ini perangkat mobile juga menawarkan beberapa jenis komunikasi video call dengan adanya fitur dual kamera menggunakan aplikasi seperti Skype atau program lainnya. Misalnya, Apple yang memiliki Facetime, yang memungkinkan pengguna iPhone untuk berbicara secara tatap muka dengan pengguna iPhone lainnya.
➢ Dunia bisnis juga merasakan manfaat untuk memangkas biaya yang lebih efisien bagi perusahaan dan konsumen dengan menggunakan teknologi informasi. Perampingan tenaga akan meningkatkan produktivitas usaha serta memberikan keuntungan lebih besar, yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan gaji yang lebih baik dan kondisi kerja yang lebih ringan.
➢ Selain efisiensi bisnis, eknologi informasi juga memungkinkan perusahaan berada dalam jangkauan konsumen tanpa batasan waktu. Jika Anda memutuskan ingin membeli sweater merah jam lima pagi, maka dapat dengan mudah login di toko online atau pengecer pakaian online untuk membeli sweater yang diinginkan. Anda juga dapat melakukan pembelian barang-barang yang terdapat di negara berbeda.
➢ Teknologi informasi telah menciptakan lapangan kerja baru. Programmer, sistem analis, perangkat keras, pengembang perangkat lunak, dan web designer; semua pekerjaan yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi informasi.
Kekurangan:
➢ Sayangnya, bersamaan dengan penciptaan lapangan kerja baru dan menarik, teknologi informasi juga menyebabkan kenaikan pengangguran. Dengan merampingkan proses bisnis, redudansi pekerjaan, perampingan tenaga dan outsourcing terjadi. Banyak pekerjaan tingkat rendah dan menengah telah berpaling ke tenaga dari negara-negara lain, yang menyebabkan orang lebih banyak menganggur.
➢ Banyak orang mengkritik teknologi informasi karena kurangnya keamanan kerja. Sebagai teknologi baru yang dirilis dan pekerjaan memerlukan lebih banyak pelatihan, penting bagi karyawan untuk mengikuti pelatihan demi menjaga pekerjaan mereka. Perubahan teknologi menimbulkan kesulitan bagi karyawan lebih tua untuk beradaptasi secepat rekan-rekan mereka yang lebih muda.
➢ Meskipun teknologi informasi terus bekerja untuk membuat hal-hal lebih aman, masih ada kurangnya privasi dalam sebuah ponsel, dan alamat email dapat dibajak. Baru-baru ini, Bug Heartbleed menciptakan kerentanan dalam OpenSSL software perpustakaan kriptografi, dan banyak orang khawatir dengan keamanan internet untuk privasi.
➢ Hal ini juga dipengaruhi factor budaya. Seiring keterbukaan komunikasi yang besar, teknologi informasi telah mulai menciptakan budaya dominan. Banyak orang percaya bahwa Amerika Serikat memegang pengaruh paling besar, bagaimana remaja di seluruh dunia sekarang bertindak, bergaya hidup, dan berperilaku hanya karena apa yang sedang trend dari yang mereka dapatkan di berbagai media sosial. Inggris telah perlahan-lahan menjadi modus utama komunikasi untuk bisnis dan daerah komunikasi lainnya. (Nadya Yutrianti)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar