Forum Ubuntu Dihack, Dua Juta Informasi Pengguna Dicuri

Forum Ubuntu telah diretas. IP address, usernames, dan alamat email sekitar dua juta akun pengguna telah diretas. Forum Online adalah satu-satunya bagian dari infrastruktur. Perusahaan mengatakan, tidak ada situs ubuntu lainya, repository atau mekanisme update yang diketahui telah terkena dampak.
SQL injection ternyata merupakan penyebab Forum Ubuntu dibajak. CEO Canonical Jane Silber menjelaskan: “Kami mengkonfirmasi telah terjadi pembongkaran data, dan kami telah mematikan forum sementara sebagai langkah pencegahan. Investigasi lebih dalam mengatakan bahwa ada kerentanan pada Forum Ubuntu, diketahui ada celah SQL Injection yang belum ditambal.”
Penyerang bisa sangat mudah mengunduh bagian-bagian dari tabel user yang berisi data sensitif, seperti username, alamat email, bahkan IP address yang berkisar sekitar dua juta data pengguna. Tetapi Canonical menekankan bahwa “Atatcker tidak bisa mendapatkan akses password pengguna yang valid.” Itu berarti password pengguna belum bisa diretas, dan hanya data-data saja yang telah dicuri.
Selanjutnya Jane Silber menegaskan dalam sebuah postingan blog: “Kami menangani informasi security dan privasi pengguna secara serius. Kami mengikuti seperangkat keamanan dan insiden ini memicu investigasi menyeluruh.” Untuk sementara forum masih dalam keadaan offline, sedang diperbaiki dan dibangun kembali server untuk menjalankan software vBulletin, dengan mengatur ulang semua sistem dan databse.
Setelah aksi penyerangan tersebut, Canonical akan memasang aplikasi Web Firewall untuk membantu mencegah serangan yang serupa di kemudian hari. Mereka mengatakan akan meningkatkan pemantauan terhadap vBulleting untuk memastikan bahwa forum telah diperbaiki keamanannya. (Aufabillah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC Model-View-Controller

Algoritma dan Flowchart Untuk Menentukan Bilangan Terbesar